Anjuran Memberi Nama Yang Baik Pada Anak

Anjuran memberi nama yang baikAda sebuah ungkapan “Apalah arti sebuah nama ” , ungkapan yang sering kita dengar dari orang-orang yang belum faham tentang pentingnya memberkan nama yang baik.

Istilah nama telah ada sejak zaman Nabi Adam a.s, dalam Al qur’an Allah SWT menjelaskan : ” Wa’allama Aadamal asmaa kullaha..”, bahwa Allah SWT telah mengajarkan kepada Adam setiap kata dan nama nama dari segala sesuatu yang ada di muka bumi ini.

Anjuran Memberikan Nama Yang Baik Untuk Anak

Nama dalam aktifitas pergaulan sehari hari menjadi alat dan tanda pengenal. Dalam islam, namapun mempunyai peranan dan arti yang sangat penting, disamping sebagai doa juga sebagai tanda pengenal di akhirat, sebagaimana hadits Rasulullah SAW : ” Sesungguhnya kalian pada hari kiamat akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama-nama bapak bapak kalian, maka baguskanlah nama-namamu “. (HR Muslim)

Dari hadits tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa sudah menjadi tugas kita memberikan nama yang baik untuk anak-anak kita, karena nama adalah doa dan pengenal kita di akhirat kelak.

Ada Hadits Rasulullah SAW tentang nama-nama yang baik untuk digunakan,  diriwayatkan dari Wahb Al Khats’ami : ” Pakailah nama nabi-nabi, dan nama yang amat disukai Allah SWT yaitu Abdullah dan Abdurrahman, sedangkan nama yang paling manis yaitu Harits dan Hammam, dan nama yang sangat jelek yaitu Harb dan Murrah” ( HR.Abu Daud An Nasa’i),

Rasulullah sangat pedulli dengan nama-nama yang baik sebagai contoh  beliau pernah mengganti nama ‘Ashiyah dengan Jamilah, Ashram dengan Zur’ah. Dan Disebutkan dalam kitab Sunan Abu Daud : “Nabi mengganti nama Syihab dengan Hisyam, Harb dengan Aslam, Al Mudhtaji’ dengan Al Munba’its, Tanah Qafrah (Tandus) dengan Khudrah (Hijau), Kampung Dhalalah (Kesesatan) dengan Kampung Hidayah (Petunjuk), dan Banu Zanyah (Anak keturunan haram) dengan Banu Rasydah (Anak keturunan balk).

Dengan memberikan nama yang baik akan berpengaruh baik terhadap kepribadian anak. Dengan memberikan nama yang baik tentunya membuat anak mempunyai sosok ideal yang dapat ditirunya dengan mendengar sejarah hidup dari nama yang diberikan kepadanya. Maka Janganlah memberi nama anak dengan nama yang hanya terdengar bagus namun tidak memiliki arti yang baik, berilah nama yang berarti baik atau nama orang orang shaleh karena nama itu akan berdampak pada karakter dan akan terus melekat pada anak itu sepanjang hidupnya.