Pentingnya Aqiqah dalam Islam

Paket Aqiqah Depok – Berbicara tenang aqiqah tentunya kita sudah tidak asing dengan kata aqiqah definisinya adalah salah satu sunnah yang dicontohkan Rasulullah SAW. Ajaran yang Rasulullah SAW ajarkan pasti mengandung hikmah dan manfaat positif yang kita bisa petik di dalamnya. Sebagai umat Islam sudah selayaknya kita melaksanakan setiap ajaran Rasulullah SAW.

41-bagaimana-jika-bayi-tidak-tersenyum-kepada-orangtuanya

Anak yang shalih atau shalihah adalah dambaan setiap orang tua. Dengan Aqiqah kita dapat menanamkan nilai-nilai ruhaniah yang masih suci berharap kepada Allah semoga anak yang kita aqiqahkan diberikan kesehatan lahir bathin, sehat dan menjadi anak yang shalih/shalihah. Hal tersebut bisa dimulai dengan menanamkan nilai-nilai ilahiyah sejak dini.
Aqiqah merupakan sebuah acara ritual dalam Islam, dilaksanakan pada hari ketujuh kelahiran seorang bayi. Hukumnya sunnah muakkad (mendekati wajib), bahkan sebagian ulama menyatakan wajib.

Pentingnya Aqiqah

Permisalannya adalah kita memiliki suatu benda kemudian benda tersebut bermanfaat dan kita bangga memilikinya, namun benda tersebut dalam keadaan tergadaikan. Bagaimana sikap kita? pastinya kita akan berusaha untuk menebusnya dengan usaha semaksimal mungkin bukan?

Begitulah permisalan ketika kita mempunyai anak namun belum di aqiqahkan, jadi aqiqah merupakan upaya untuk menebus anak kita yang tergadai. Aqiqah merupakan wujud syukur kita pada Allah atas anugerah serta amanah yang diberikan kepada kita. Selain itu aqiqah merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan sunnah Rasulullah SAW tentunya merupakan perbuatan yang baik serta insyaAllah bernilai pahala disisi Allah.

Dalam hadits berikut yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, dari Al-hasan, dari samurah bahwa Rasulallah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

“Setiap anak (yang lahir) tergadai (terikat) dengan akikahnya. Maka disembelih (hewan) untuknya pada hari ketujuh (dari kelahirannya), dicukur (rambutnya) dan diberi nama.”

Dari hadits diatas disunnahkan pelaksanaan akikah adalah hari ketujuh dari kelahiran si bayi.
Dalam redaksi hadits diatas terdapat kata tergadai, adapun maksud dari kata tergadai disini menurut Al-Baihaqi dari Salman bin Syarahbil dari Yahya bin Hamzah, ia berkata “Aku bertanya kepada Atha` Al Khurasani, tentang maksud setiap anak tergadai (terikat) dengan akikahnya”.
Ia pun menjawab, “Maksudnya, syafa’at anaknya akan terhalang baginya.”

Menurut Imam Ahmad, maksud tergadai disini adalah tertahannya syafaat sang anak untuk kedua orangtuanya.

Wallaahua’lam bishshowab

 

Untuk melaksankan aqiqah saat ini banyak yang menyediakan, paket aqiqah depok bisa menjadi pilihan tepat.

Kami dari cateringainulaqiqah pun menyediakan paket aqiqah depok bagi anda yang ingin beraqiqah, untuk pemesanan bisa menghubungi 085691323383.